Posts

[ BAU HARUM Tercium DARI DALAM KUBUR ]

Jangan Tidur SEBELUM Membaca Surat Al-Mulk.
Kisah NYATA yang disampaikan oleh Syekh Ali Jaber.

...

Share & Like :
Fb.com/INSPIRATIF.org

See More
It looks like you may be having problems playing this video. If so, please try restarting your browser.
Close
Posted by inspiratif.org
455 Views
455 Views
Image may contain: indoor
Arham Rasyid added a new photo to the album: Belajar Ngaji.

Barusan mampir sholat zuhur di salah satu masjid, jamaahnya disediakan papan seperti ini. Masya Allah, jarang-jarang dapat masjid yg peduli dengan hal yang tamp...ak remeh kayak begini.

Bagi yang belum tau, sekadar info ini namanya papan sutrah, salah satu sunnah yang sering diabaikan. Syaikh Utsaimin dan Syaikh bin Baz menghukumi sunnah, sementara sebagian ulama semisal Syaikh Al-Albani menganggap wajib, saking pentingnya sutrah ini.

Dalam kitab Shifatun Shalatan Nabi, disebutkan salah satu hadits: "Janganlah shalat kecuali menghadap sutrah, dan jangan biarkan seseorang lewat di depanmu, jika ia enggan dilarang maka perangilah ia, karena sesungguhnya bersamanya ada qarin (setan)” (HR. Ibnu Khuzaimah 800, 820, 841)

Sutrah secara bahasa artinya penghalang. Secara istilah adalah segala sesuatu yang bisa berdiri di depan orang yang sedang sholat, menjadi penghalang untuk orang yang lalu lalang. Keadaan orang lalu-lalang ini biasanya susah dihindari bagi orang yang masbuk ataupun yang sedang sholat sunnat rawatib.

Dalam sholat berjamaah, penggunaan sutrah cukup diwakili oleh imam, makmum gak perlu. Ini bisa kita lihat di tivi saat ada tayangan sholat di masjidil haram, anak-anak kadang berlarian di depan orang sholat tapi gak ada yang larang, asal jangan di depan imam. Coba saja kalo ada yang berani, mungkin bisa ditekling sama askar.

Sutrah pada jaman nabi bisa berupa anak panah, tongkat yang ditancapkan ke tanah, pelana, dinding, ataupun punggung orang. Kalo sekarang kita bisa mencari yang setinggi itu, semisal tiang, tas yang dibuat berdiri, kotak amal masjid, atau papan semacam foto di atas.

Jadi meskipun kau permisi sesopan mungkin atau tabe-tabe ala jongos jaman kompeni, niscaya gak akan menggugurkan larangan lewat depan orang sholat.

Ini juga berlaku dalam kasus kau selesai sholat dan masih ada orang yang sholat di belakangmu. Mohon jangan berdiri dulu, tunggulah sejenak sampe ia selesai salam. Anggap saja bersedekah. Dipinjam punggung sebentaran saja jangan pelit amat lah.
Begitu pula saat kau masbuk dan orang di depanmu tiba-tiba beranjak pergi. Melangkah untuk mencari sutrah gak mengapa untuk menghindari kekosongan.

Ngomong soal ini saya jadi ingat kawan saya Raim Laode. Dia faham hukum sutrah. Kisah berikut ini saya dapatkan dengan sanad langsung darinya. Pernah suatu ketika dia masbuk dan berjuang keras melawan orang yang hendak lewat di depannya. Tapi orang-orang sudah rame berbondong-bondong dan susah dicegah. Si Raim emosi dan nyaris membatalkan sholat dan pengen berantem. Orang-orang lebih emosi lagi. Lama si Raim bertahan sebelum akhirnya nyadar kalo dia yang salah. Hamparan kain yg dia kira sajadah sejak awal rakaat ternyata ada tulisan welcome. Itu artinya ia sholat pas di pintu.
Wallahua'lam bisshawab.

See More
Videos
[ 4 KABAR GEMBIRA ] Mari Perbanyak Sholawat Kepada Junjungan Kita Rasulullah Muhammad ShallAllahu Alaihi WaSallam Allahumma Sholli wa Sallim wa Baarik Alaaa Muhammad اللهم صلي وسلم وبارك على سيدنا محمد Follow : Fb.com/INSPIRATIF.org
1
😍😍😍😍😍 Mari perbanyak Sholawat kepada Junjungan kita, RASULULLAH MUHAMMAD ShallAllahu Alaihi Wasallam..
1
Inspirasi Hari Pahlawan Oleh : Anis Matta
Photos
Posts

[ Yuk Baca Surat Al-Kahfi ]

Hari Jum'at, Jangan Lupa Baca Surat Al-Kahfi

Hadits pertama:

...

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.”
(HR. Ad Darimi)

Hadits kedua:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.”
(HR. An Nasa’i dan Baihaqi)

See More
Image may contain: text
Image may contain: 4 people, people standing, child and outdoor
Joko Santoso is with Ozzy and 2 others.

Ini foto menarik. Hormat saya untuk siapapun yang memotret. Generasi yang sama, dari dunia yang berbeda, berpapasan. Yang kecil berseragam pramuka -- mungkin ak...an jadi pemimpin masa depan -- kelihatan agak defensif. Kakinya dalam posisi pasang kuda2.
Sementara lasykar pemanggul karung cuek saja. Matanya tetap siaga ke sekitar... ke arah botol2 plastik... demi kepastian makan siangnya hari itu.

See More

Silahkan di share bagi yang membutuhkan..

Fb.com/INSPIRATIF.ORG

Image may contain: 1 person, text

Dulu saya heran dengan salah seorang sahabat pengusaha yang bolak balik ke tanah suci lagi.. ke tanah suci lagi.. untuk menjalankan ibadah umrah..

Untuk ukuran pengusaha dengan kelas yang biasa-biasa..

Wajar kalau saya sangat heran sekali.. Karena setiap kali berangkat.. hampir sekeluarga beliau ajak semua. 5 orang anaknya.. Istrinya.. sering bersama ibunya juga..

...Continue Reading
Image may contain: text and outdoor
Laksita Utama Suhud updated his cover photo.

Dulu saya heran dengan salah seorang sahabat pengusaha yang bolak balik ke tanah suci lagi.. ke tanah suci lagi.. untuk menjalankan ibadah umrah..

Untuk ukuran ...pengusaha dengan kelas yang biasa-biasa..

Wajar kalau saya sangat heran sekali.. Karena setiap kali berangkat.. hampir sekeluarga beliau ajak semua. 5 orang anaknya.. Istrinya.. sering bersama ibunya juga..

Yang dalam hitungan saya, sekali berangkat akan menghabiskan biaya tidak kurang dari 200 jutaan lebih.. Tapi dia berangkat ke tanah suci bersama keluarganya.. nyaris setiap tahun..

Untuk usahanya yang nggak gede-gede amat tentu saya sangat heran, darimana dia dapat duit semua itu..

Sampai akhirnya saya memberanikan diri untuk bertanya.. Kenapa dia bolak-balik ketanah suci.. bersama keluarganya.. Kenapa nggak jalan-jalan saja keluar negeri ke tempat yang lain..

Jawaban dia membuat saya hanya terbengong-bengong.. kaget.. dan malu..

Mas Laks.. Saya tidak pernah tahu kapan akan ajal ini akan datang. Dan saat ajal ini datang, saya tidak tahu, saya termasuk yang beruntung khusnul khotimah atau tidak ?

Tapi Bapak kan ibadahnya bagus ?
Jauh diatas kualitas ibadah saya dan rekan-rekan lainnya..
Potong saya..

Dia menjelaskan akan bahaya ancaman Allah dalam Surah Al Kahfi 103-106 ..

Tentang orang-orang yang merugi karena mereka merasa sudah berbuat baik, sementara Allah subhanahu wa ta'ala tidak mengganjar mereka selain dengan neraka jahanam.

Hanya gara-gara mereka mengingkari perjumpaan dengan Allah dan ayat-ayatNya.. Serta memperolok-olok rasul-rasul dan ayat-ayatNya.. Dan yang demikian itu sudah cukup buat Allah untuk menghapus semua catatan amal baiknya. Allah tidak sudi dengan semua amalan baik kita kalaupun kita masih melakukan 2 hal tersebut..

nauzu billahi min zalik
Betapa meruginya kita.. susah payah beribadah.. tapi Allah hapus semua gara-gara terpeleset pada hal-hal membuat Allah murka..

Bagaimana saya tahu Mas Laks..
kalau pahala saya belum terhapus.. Karena bisa jadi saya kelepasan omong asyik bergurau dengan teman-teman.. Terutama tentang polygami misalkan.. Banyak diantara kita masih sering bercanda tentang hal ini..

Padahal ini ayat Al Quran .. Tanpa sengaja kita sering berolok-olok tentang isi ayat ini dengan teman-teman kita.. Bagaimana kalau Allah tidak ridho ? Bagaimana saya tahu Allah belum menghapus semua amalan saya karena keteledoran saya di masa lalu..

Kalau iya.. sudah terhapus.. Bagaimana dengan sisa umur saya .. Bagaimana saya tidak merugi kalau nanti di yaumil akhir saya termasuk orang yang rugi..

Mendengar penuturan beliau saya berasa ditampar tangan yang tidak terlihat.. Kenapa saya tidak pernah memperhatikan ayat-ayat tersebut..

Terus mengapa ke tanah suci berulang-ulang tanya saya..

Beliau membacakan saya sebuah hadist.. Bahwa ditanah suci Mekah.. derajat pahala shalatnya 100.000 kali pahala shalat di mesjid biasa selain mesjid nabawi..

Jadi kalau kita sempurna menjalankan ibadah di Masjidil Haram sehari penuh.. dengan ibadah terbaik kita.. Insya Allah akan berbalas ganjaran 100.000 hari ibadah sempurna..

Mas Laks tahu, berapa tahun 100.000 hari itu ?
Gelagapan saya mencoba hitung.. dan menemukan angkanya membuat saya merinding... 274 tahun lebih Bapak.. jawab saya..

Nah.. itu kalau 1 hari sempurna.. bagaimana kalau kita 3-4 hari sempurna ibadahnya disana.. Insya Allah dosa-dosa besar kita terimbangi oleh pahala berlimpah yang Allah subhanahu wa ta'ala karuniakan kepada kita selama disana ..

Kembali saya hanya bisa terdiam..
Tapi Bapak, kan biayanya tidak murah tanya saya..

Kembali sahabat saya tersebut bertanya, berapa duit yang Mas Laks berani bayar untuk terhindar dari api neraka ?

Berapa duit yang Mas Laks berani dan sanggup bayar untuk mendapatkan nikmatnya Sorga ?

Berapapun duitmu.. sekaya apapun duitmu.. tidak akan pernah sanggup membeli dua hal itu.. Karena semua itu nggak ada nilainya buat Allah subhanahu wa ta'ala Mas Laks..

Kembali muka saya serasa ditampar oleh tangan yang tidak terlihat.. menyadarkan saya.. betapa saya terlalu asyik dengan dunia ini..

Mas Laks.. tidak akan jatuh miskin kok orang yang membelanjakan hartanya di jalan Allah itu tambah dia.. Mas Laks bisa lihat janji Allah di surah Al Baqara ayat 261. Allah akan ganti semua harta yang kita nafkahkan dijalan Allah dengan 700 kebaikan bahkan lebih bagi orang yang Allah kehendaki kata beliau..

Apakah tidak lebih baik duitnya buat orang miskin tanya saya.. ?
Sahabat saya tersebut hanya tersenyum..

Sahabat saya yang lain mencubit saya.. sambil berbisik.. itu pertanyaan yabg nggak pantas bisik dia..

Dalam perjalanan pulang .. sahabat saya yang lain menceritakan betapa luar biasa sahabat saya itu dalam berinfaq.. sudah banyak memberangkatkan orang untuk berumrah.. walaupun rumahnya nggak ada kesan mewah sama sekali..

Nyaris duitnya habis dibelanjakan untuk ibadah..

Tidak terasa.. percakapan ini sudah membawa saya menemukan banyak lagi pengusaha-pengusaha seperti sahabat saya tersebut.. yang nyaris tidak pernah punya masalah dalam bisnisnya.. Karena takutnya mereka kepada Allah subhanahu wa ta'ala..

Justru Allah malah melindungi mereka dan keluarganya.. Dan rezekinya Masya Allah.. seperti nggak pernah berhenti mengalir melalui bisnis yang mereka jalani..

Ada Bapak bapak yang rajin banget shadaqah.. tapi duitnya kayak nggak berseri.. Ada ibu ibu yang sibuk shadaqah.. tapi duitnya juga nggak habis habis..

Jadi teringat janji dan peringatan Allah lainnya.. Allah menghancurkan riba dan menyuburkan sedekah..

Dan yang semakin membuat saya juga jadi yakin.. miskin.. kaya.. sukses.. gagal.. bahagia .. sehat .. sakit.. semua itu adalah ujian.. setiap detik kita diuji..

Apakah kita jalani ujian tersebut dengan semakin mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta'ala .
Atau malah semakin menjauhkan diri kita dari Allah subhanahu wa ta'ala..

Semoga bermanfaat
Monggo silahkan dishare kalau mau..

See More
It looks like you may be having problems playing this video. If so, please try restarting your browser.
Close
537,884 Views
537,884 Views
Jamaah Majelis Az Zikra was live.

Penganugerahan Tokoh Perubahan Tahun ini oleh Republika kepada Ustadz Abdul Somad Lc MA

Ihsan Abu Zubair added 4 new videos.

Maaf......maaf sekali......kukabarkan kepada kalian.

Baru saja 100 orang gugur dan 1000 orang terluka parah akibat serangan bom kimia thaghut bedebah bangsat as...ad.

LaknatMu yaa Rabb untuk asad dan seluruh pendukungnya, segera turunkan azab pedihMu untuk mereka.

Ilaikal Musytaka ya Arhamar rahimiin, hasbunallahu wa ni'mal wakil wa la haula wa la quwwata illa billlahil 'aliyyil 'azhim

See More
Image may contain: 1 person, standing
Fathi Nasrullah

"Ghouta mati
Dan dunia masih tertidur"

*Tulisan di kaus penjual kue di Turki
Beliau ini sepertinya ga asing

Image may contain: text
Vinsha Damar Septianda

In case if you're a muslim/muslimah,
#muslimbukanpenyiksaanjing
edit :
dia juga gak memeliharanya dikarenakan dia tau pahalanya akan berkurang 1 hari/2 qiroth. ...Biarin aja, da sayang mah gak harus memiliki kan?
.
edit#2:
Dia gak mau kena najisnya, walaupun ada cara pembersihannya, karena pembersihan itu dilakukan kalo kalo ada sntuhan yang gak sengaja.
.
edit#3:
Ibarat kamu punya temen sakit penyakit menular, kamu pasti tetep jenguk dia hanya tetap gak boleh ada kontak langtsung kan? apa karena dia berepenyakit jadi kamu benci dia?
.
edit#4:
nb: Saya akan rajin untuk delete komenan umpatan atau debat gak penting yang tidak berdiskusi untuk menghindari kemudhorotan kita semua.

See More
Image may contain: 2 people
Image may contain: 6 people, people smiling, people standing
Image may contain: 4 people, people smiling, people standing
Image may contain: 5 people, people smiling, people standing
Halal Corner added 4 new photos.

Anies Badwedan:

Namanya Rifdah Farnidah, usianya 22. Ia masih belia dan ia bawa nama Indonesia cemerlang di panggung dunia.

Rifdah baru kembali dari Yordania ik...uti Musabaqah Hifdzil Quran sedunia dan meraih juara II.

Hanya ia juara yang bukan berasal dari negara Timur Tengah. Ya, Rifdah adalah seorang hafidzah yang mutqin. Al-Quran 30 juz ia hapalkan.

Tahun lalu ia juara pertama MHQ nasional mewakili DKI Jakarta, kali ketiganya ia raih juara pertama MHQ tingkat nasional.

Semalam Rifdah kami undang ikut hadir dalam acara silaturahmi ulama di Balai Kota. Ia datang bersama ibundanya, dan pembimbingnya, Hj. Mutmainnah, dosen di Institut Ilmu Al Quran.

Di tengah acara, saya undang Rifdah maju. Di depan ia bacakan penggalan Quran, dari surah Al Hasyr ayat 18-24.

Di ruang depan Balai Kota yang usia bangunannya dua abad, di ruang yang tak biasa jadi tempat dilantunkannya Al-Quran, puluhan ulama, habib, ustadz dan ustadzah hening, haru dan khusyuk menyimak lantunan ayat dari suara yang bening. Sebagian kita yang hadir mulai terlihat mengusap butiran air dari matanya.

Sesudah Rifdah selesai lantunkan penggalan Quran itu, Sheikh Khalid Al Hamoudi, tamu kehormatan kita malam itu, seorang ulama dari Mekkah, angkat bicara. Syaikh Khalid sampaikan kekaguman dan apresiasi kepada Rifdah.

Lalu beliau umumkan,
"Perkenankan saya sampaikan hadiah kepada Rifdah. Kami akan sepenuhnya fasilitasi Rifdah bersama kedua orangtuanya, juga ibu dosen pembimbing Rifdah beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji. Saya akan tunggu dan sambut di Mekkah, di mana Rifdah dan rombongan akan menjadi tamu Allah, dan tamu kehormatan di mata saya."

Puluhan hadirin sontak bertakbir dan tahmid. Ruangan bergema, hati tergerak, mata membasah.

Belum selesai, Sheikh Khalid lanjutkan,
"Saya punya dua anak perempuan yang juga hafidzah dan sudah lancar tilawah Quran dalam berbagai qiroat. Kini saya punya tiga anak perempuan, Rifdah saya angkat menjadi anak perempuan saya yang ketiga."

Tak ada hadirin yang tak terharu mendengarnya, puluhan pasang mata menitikkan airnya. Takbir dan tahmid bersahutan. Bangunan kokoh Balai Kota terasa bergetar.

Itulah sekelumit kisah penyambutan Rifdah semalam di Balai Kota.


Sumber : FB Pak Anies Baswedan

See More

Mari persiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أتاكم رمضان شهر مبارك. فرض الله عز وجل عليكم صيامه، تفتح فيه أبواب السماء، وتغلق فيه أبواب الجحيم، وتغلّ فيه مردة الشياطين، لله فيه ليلة خير من ألف شهر، من حرم خيرها فقد حرم

...

Telah datang kepada kalian ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini.

Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu.

Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan.

Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan.

(HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Sumber : https://konsultasisyariah.com/22686-anjuran-bergembira-deng…

See More
Image may contain: text

SiJum, Sedekah Nasi Jum'at
Oleh: Berzakat ( Admin Berzakat)

SiJum atau kependekan dari Nasi Jumat adalah gerakan berbagi nasi kotak di hari Jumat yang kami bagikan di masjid (jamaah Shalat Jumat), Yatim Piatu, Dhuafa, dan Hafidz Al Quran.

... See More
SiJum atau kependekan dari Nasi Jumat adalah gerakan berbagi nasi kotak di hari Jumat yang kami bagikan di masjid (jamaah Shalat Jumat), Yatim Piatu, Dhuafa, dan Hafidz Al Quran.
berzakat.id

SALAH SATU SUDUT SURGA

Dipanggilnya umi Fatma. Isteri dari seorang buruh bangunan. Tinggal dirumah kontrakan yang ia sewa 500rb/bulan. Dibelakang rumah kontrakannya ada tanah ukuran 4m2 = 2m×2m yang ia tanami cabai, dan beberapa sayuran.

Tidak banyak yg tahu kalo umi Fatma seorang hafidzah. Ia memiliki 5 orang anak dan sekarang sedang mengandung anak yg ke-6. Sudah banyak bidan yg menyuruhnya STOP hamil, gunakan kontrasepsi ! Namun bagi umi Fatma anak adalah Rizki, dan rizki ...

Continue Reading
Image may contain: one or more people and outdoor
Image may contain: one or more people and outdoor

[ Jangan Silau Pada Dunia ]

• Dunia hanyalah permainan yang melalaikan.
• Satu bagian KECIL nikmat di surga adalah lebih baik dari dunia dan seisinya..

...

Share & Like :
Fb.com/INSPIRATIF.org

See More
Image may contain: text
Image may contain: 1 person, smiling, closeup
Fathi Nasrullah updated his profile picture.

22032004 hari ini tepat 14 tahun lalu

Beliau keluar dari masjid usai shalat subuh
Diatas kepalanya Apache Yahudi sudah menanti

...

Gugur bunga ke haribaan bersama 4 orang lain termasuk seorang anaknya

Syaikh Ahmad Yassin
Pendiri Hamas

Viva Hamas !

See More